TUGAS
MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM
NAMA | : TAUFIQ NUR AZIS |
NIM | : 801011000527 |
ANALISIS SK DAN KD PAI
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs & MA
Tema dan Lingkup Materi MI | Kelas/ Semester | Tema dan Lingkup Materi MTs | Kelas/ Semeer | Tema dan Lingkup Materi MA | Kelas/ Semester |
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam | III/I | 1. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah 2. Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah 3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | VII/I | X/I | |
1. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW 2. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW | III/II | 1. Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Umayyah 2. Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah 3. Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz | VII/II | X/II | |
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya 2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW | IV/I | 1. Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah | VIII/I | XI/I | |
1. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah 2. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW | IV/II | 1. Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi | VIII/II | XI/II | |
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib 2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW | V/I | 2. Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia | IX/I | 3. Dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah 4. Kepemimpinan pada masa Khulafaaurraasyidiin | XII/I |
1. Mengenal peristiwa Fathu Makkah 2. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW | V/II | 3. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Islam Nusantara | IX/I | 4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern 5. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia | XII/II |
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq 2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khattab 3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan | VI/I | ||||
1. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib 2. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing. | VI/II |
CATATAN
· Kompetensi MI:
1. Mengenal
2. Meneladani Isi Kandungan sejarah (Hanya Sebatas pengenalan)
Keterangan : Mata Pelajaran SKI “Sejarah Kebudayaan Islam” untuk tingkat Madrasah Ibtida’iyah (MI) lebih intensif “mengenal sejarah pra-islam, mengenal Nabi Muhammad saw dan para Sahabat”.
· Kompetensi di MTS :
1. Memahami
2. Menjelaskan
3. Meneladani Isi Kandungan
4. Menerapkapkan Isi Kandungan Sejarah dalam Kehidupan Sehari-hari
Keterangan : Mata Pelajaran SKI “Sejarah Kebudayaan Islam” untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai bentuk pengembangan dari mata pelajaran tingkat MI, Sehingga dalam hal ini di MTs siswa lebih kepada “Tauladan perjuangan dan dakwah Nabi serta para sahabatnya.
Kompetensi di MA :
1. Memahami
2. Menjelaskan
3. Mengidentifikasi
4. Meneladani Isi Kandungan
5. Penerapan Secara Dakwah Nabi dalam Kehidupan Sehari-hari
TEMA MI | TEMA MTS | TEMA MA |
1. Sejarah pra-Islam 2. Sejarah Kelahiran dan Kerasulan Nabi Muhammad 3. Dakwah Nabi Muhammad dan Sahabat 4. Hijrah Makkah dan Madinah 5. Sejarah Nabi Muhammad Isro’ Mi’roj 6. Sejarah Wafatnya nabi Muhammad saw 7. Sejarah Kholifah Ali Bin Abi Thalib dan Utsman bin Affan | 1. Sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah 2. Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat di Madinah 3. Masa Khulafaaurraasyidiin 4. Bani Umayyah 5. Bani Abbasiyah 6. Kholifah Umar bin abdul Aziz 7. Shalahuddin al-Ayyubi 8. Tokoh Islam di Indonesia | 1. Dakwah Nabi Muhammad dan para sahabat di Makkah dan Madinah 2. Masa Khulafaaurraasyidiin 3. Tokoh Islam yang berprestasi |
KLASIFIKASI TEMA | MI | MTs | MA |
AKHLAQ | 1. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW | 2. Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat “Khulafaurrosyidin” di Madinah | 3. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern |
Catatan :
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sangat berkolerasi dengan pelajaran aqidah akhlak dalam analisis kurikulum di MA, MTs, Dan MA
Beberapa Aspek Analisis :
1. kompetensi
2. mengidentifikasi tema
3. mencari unsur kesamaan tema
4. menganalisis berdasarkan: akhlak personal, akhlak interperson
0 komentar:
Posting Komentar